Minggu, 16 Juni 2013

Demo Nvidia Grid dengan konsol Ouya


Nvidia Grid sebagai platform gaming berbasis awan sebenarnya sudah diperkenalkan sejak awal tahun lalu pada acara tahunan CES. Nvidia Grid menyediakan hardware yang dibutuhkan untuk merender game kemudian gamers bisa melakukan streaming game tersebut ke perangkat mereka seperti tablet ataupun smartphone tanpa harus merender lagi. Hal ini pernah dicoba pada HTC One X pada CES 2013 yang lalu. Pada perhelatan E3 beberapa hari yang lalu, Nvidia juga hadir dengan Grid-nya yang didemokan di konsol game bersistem operasi Android, Ouya.

Streaming game dengan Nvidia Grid menggunakan konsol Ouya nampak lebih mudah karena Ouya memang diposisikan sebagai game konsol. Tegra 3 dan stik wireless menjadikan Nvidia Grid dan Ouya tak kalah dengan konsol game lainnya. Android Central sempat berbincang dengan Chad Cooper, grid engineer, sembari menunjukan kebolehan Ouya dalam memainkan Borderlands 2. Memang tidak banyak lag yang terjadi karena proses rendering sudah dilakukan pada server Grid. Namun, untuk bisa memainkan game berbasis awan ini, Nvidia tidak akan memasarkan sistem ini sendiri, mareka akan bekerjasama dengan provider jaringan untuk memberikan pengalaman terbaik memainkan game berbasis awan ini.

Jika dibandingkan dengan Xbox One dan PS4, Ouya tentu saja lebih murah, namun game yang disuguhkan juga berbeda. Tetapi, Nvidia Grid dan Ouya bisa saja menjadi solusi konsol game murah dengan kualitas yang tidak kalah dari Xbox dan Playstation, bukan begitu?





engadget, androidcentral

Tidak ada komentar:

Posting Komentar